KEPUTUSAN YANG KAMU AMBIL HARI INI AKAN MEWARNAI MASA DEPANMU

Selasa, 16 November 2010

Manfaat Jogging bagi Kesehatan Manusia

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar belakang


Di era globalisasi dan pertumbuhan teknologi yang sangat pesat ini, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan mampu untuk bersaing untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.


Untuk memenuhi semua itu dibutuhkan manusia yang memiliki mobilitas yang tinggi, untuk mewujudkan semua itu kebanyakan manusia melakukan segala cara, seperti bekerja tanpa mengenal waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu, sehingga kurang memperhatikan kesehatan, seperti telat makan, kurang olahraga, kurang tidur.


Untuk masalah kurang olahraga, di dalam makalah ini akan dibahas mengenai salah satu jenis olahraga yang mudah, aman, dan murah, yaitu Jogging. Dikatakan mudah, karena untuk melakukan olahraga jenis ini tidak memerlukan ketrampilan khusus, serta dapat didilakukan oleh semua orang baik anak-anak sampai dengan orang tua. Aman, karena resiko cidera selama melakukan olahraga ini sangan kecil, jika dibandingkan olahraga yang lain seperti sepakbola, fitness, basket, dan lain-lain. Murah, karena peralatan tamban yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini adalah sepatu.


Selain itu Jogging dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain itu manfaat dari Jogging sangat besar, diantaranya menguatkan jantung, meningkatkan fitalitas tubuh, dan lain-lain.(http://claudioevans.blogspot.com/)


B. Rumusan Masalah


Dalam makah ini permasalahan yang akan dibahas adalah:


1) Pengertian Jogging


2) Manfaat Jogging


3) Cara melakukan Jogging


3.1 Bagaimana memulainya


3.2 Jenis pakaian dan sepatu


3.3 Rute dan sesi Jogging


3.4 Peregangan tubuh setelah beberapa sesi


3.5 Bagaimana cara melakukan sesi Jogging


3.6 Kapan dan seberapa sering Jogging dilakukan


3.7 Kesenangan apa yang didapat dari Jogging





BAB II


PEMBAHASAN


1. Pengertian jogging


Jogging adalah salah satu bentuk olahraga yang dilakukan dengan cara berjalan atau berlari kecil-kecil. Manfaatnya sangat besar sekali tertama kesehatan tubuh, khususnya organ otak. (http://carifa.blog.friendster.com/)


Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tidak perlu punya keahlian khusus agar dapat melakukan jogging. Semua orang dari segala usia dapat melakukan jogging. Oleh karena itu, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan. (http://crescent13.blogspot.com/2008/11/pengaruh-olahraga-terhadap-kesehatan.html)


2. Manfaat jogging


Jogging yang dilakukan secara teratur akan memberikan banyak manfaat bagi kondisi fisik dan kesehatan lainnya seperti:


a) Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan; Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;


b) Menetralkan depresi


c) Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif;


d) Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan


e) Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya


f) Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung


g) Membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. ( http://nofri-kurniadanpesona.blogspot.com/2009/04/jogging-olah-raga-praktis-yang.html)


Ada beberapa manfaat jogging, yakni untuk mencegah kanker. Saat joging, irama dan kedalaman napas cenderung meningkat. Oleh karenanya, joging meningkatkan fungsi saluran pernapasan.


Joging menyebabkan tubuh bergerak terus menerus tanpa henti. Akibatnya, keringat menjadi bercucuran. Pada keringat tersebut keluar zat-zat yang tidak berguna, diantaranya sel-sel yang dapat menyebabkan kanker.


Sel-sel tersebut dalam waktu singkat diganti dengan yang baru oleh tubuh. Olahraga joging meningkatkan produksi sel darah putih yang berguna untuk memerangi sel kanker.


Dengan joging, sirkulasi darah menjadi lancar. Di saat sirkulasi darah lancar sel kanker tidak dapat bertahan atau berkembang biak. Penelitian telah mengungkapkan bahwa penderita kanker mengalami gangguan emosi sebelum terkena kanker. Olahraga seperti joging bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. (yz). (http://www.resep.web.id/tips/joging-hindari-risiko-kanker.htm)


Selain manfaat-manfaat di atas, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.(http://crescent13.blogspot.com/2008/11/pengaruh-olahraga-terhadap-kesehatan.html)


Jogging Membantu Memperpanjang Usia


Ingin tetap awet muda dan sehat? Mulailah membiasakan diri lari pagi secara teratur karena aktivitas fisik seperti ini terbukti mampu menunda efek penuaan.


Nasehat berharga tersebut disampaikan para ahli di Amerika Serikat yang mempublikasikan hasil risetnya dalam jurnal Archives of Internal Medicine belum lama ini. Penelitian mereka menunjukkan, kegiatan jogging secara teratur mampu memperlambat efek-efek dari proses penuaan. Orang lanjut usia yang rajin berjogging juga tercatat berisiko lebih kecil untuk meninggal secara prematur akibat sejumlah penyakit berat seperti kanker ketimbang mereka yang tidak jogging.


Dan yang tak kalah penting, riset yang dilakukan ilmuwan Stanford University Medical Center ini membuktikan, para pejogging mampu menikmati hidup yang lebih sehat dengan tingkat disabilitas ketidakmampuan yang minim ketimbang lansia yang tak berjogging.


Dengan temuan ini pula, para ahli membuat rekomendasi untuk menggiatkan kembali kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik dan olahraga teratur baik bagi kalangan muda maupun lanjut usia 30 menit sehari.


Dalam risetnya, para ahli melibatkan sekitar 500 orang lanjut usia yang rajin jogging dengan kelompok lain yang tidak melakukan jogging. Seluruh partisipan berusia rata-rata 50-an pada saat awal penelitian, dan kondisi mereka terus dipantau selama 20 tahun. Setelah 19 tahun penelitian berjalan, 34 persen lansia dari kelompok non-pelari meninggal dunia, sedangkan dari kelompok pelari hanya mencapai 15 persen saja.


Riset menunjukkan kedua kelompok ini menjadi lebih rentan dan mengalami keterbatasan fisik seiring dengan bertambahnya usia. Tetapi pada kelompok pelari, timbulnya disabilitas atau ketidakmampuan terjadi lebih lambat atau sekitar 16 tahun kemudian. Perbedaan kualitas kesehatan antara kelompok pelari dan non-pelari ini juga terus terjadi dan makin melebar ketika memasuki usia 90-an.


Menurut para ahli, aktivitas berlari atau jogging secara teratur tidak memperlambat rata-rata detak jantung dan pembuluh darah arteri. Kegiatan ini juga berkaitan dengan rendahnya tingkat kematian akibat kanker, penyakit syaraf , infeksi dan penyebab lainnya. Selain itu tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa mereka yang rajin berjogging cenderung mudah terserang osteoarthritis atau membutuhkan penggantian sendi lutut secara total yang sempat dikhawatirkan.


Pada awal penelitian, para lansia ini berlari rata-rata sekitar empat jam dalam seminggu atau sekitar 35 menit dalam sehari . Setelah 21 tahun, durasi jogging mereka setiap minggu menurun hingga 76 menit, tetapi mereka masih mendapat manfaat kesehatan dari olahraga lain secara teratur.


"Riset ini memiliki pesan yang sangat mendukung pentingnya olahraga. Jika Anda harus memilih satu hal supaya orang menjadi lebih sehat ketika mulai menua, itu adalah olahraga aerobik. Manfaat kesehatan dari olahraga lebih besar dari yang kita bayangkan," ungkap penulis riset Professor James Fries, dari University of California di Stanford.


3. Cara Melakukan Jogging


Sebelum melakukan jogging ada faktor-faktor penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan jogging, diantaranya:


3.1 Bagaimana Memulainya


Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai jogging, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan jogging, atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogging. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.


3.2 Pakaian Dan Sepatu


Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu. Saat udara hangat, celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat.


Sedang untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset.


3.3 Rute Dan Sesi Jogging


Jogging dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; Jogging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg.


3.4 Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi


Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi jogging, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.


3.5 Bagaimana Melakukan Sesi Jogging


Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.


3.6 Kapan Dan Seberapa Sering


Jika jogging hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idelnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan jogging dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan jogging, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan jogging sebagai kegiatan pertama di pagi hari.


3.7 Kesenangan Yang Didapat Dari Jogging


Jogging juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.


Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama jogging Anda juga dapat merasakan perasaan senang. (http://claudioevans.blogspot.com/)


Cara-cara melakukan jogging yang baik:


a) Frekuensi latihan


Frekuensi latihan ini ada 2 kali dalam sebulan.


b) Interval


Jarak latihan pertama dengan berikutnya adalah beberapa hari dengan 1 kali. Kegiatan yaitu memutari lapangan atletik sebanyak 3 kali.


c) Durasi


Durasi latihan ini adalah 15 menit pemanasan. (http://carifa.blog.friendster.com/)




BAB III


PENUTUP


A. KESIMPULAN


Dapat diambil kesimpulan bahwa jogging merupakan olahraga yang mudah dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Olahraga jogging juga mempunyai dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia, seperti meningkatkan kerja otak, awet muda, menghilangkan stress, dan lain-lain.




B. SARAN


Untuk para pembaca saya harap kajian yang saya susun ini bermanfaat bagi anda semua, karena kajian ini menjelaskan tentang manfaat jogging bagi kesehatan, oleh karena itu saya berharap agar kita generasi mudah bisa meluangkan waktu untuk melakukan jogging. Selain itu berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter, untuk porsi jogging yang akan dilakukan.












DAFTAR PUSTAKA


http://claudioevans.blogspot.com/


http://crescent13.blogspot.com/2008/11/pengaruh-olahraga-terhadap-kesehatan.html


http://carifa.blog.friendster.com/


http://nofri-kurniadanpesona.blogspot.com/2009/04/jogging-olah-raga-praktis-yang.html


http://www.resep.web.id/tips/joging-hindari-risiko-kanker.htm

18 komentar:

  1. Mantap gan.... nice Inpo... semngat ya!!!!

    BalasHapus
  2. salam kenal gan
    klo untuk pederita penyakit jantug apakah dianjurkan untuk melakukan jogging?
    dan untuk baju senam yg cocok untuk jogging itu yg seperti apa ya?
    moga sukses gan

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK UNTUK SEMUA ORANG DI SINI. BACALAH
    Halo teman-teman, saya punya kabar baik untuk berbagi dengan Anda semua. Saya tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya aku sekarang. Akhirnya, saya hanya mendapat pinjaman dari lembaga kredit internasional Islam di seluruh dunia. Teman saya mengarahkan saya kepada mereka. Saya telah mencari pemberi pinjaman swasta online asli selama bertahun-tahun di mana saya bisa meminjam uang untuk memulai bisnis saya, tapi semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman asli perusahaan gagal. Semua yang saya telah datang dalam kontak dengan semua penipuan. Sejujurnya, pada awalnya, saya pikir organisasi pinjaman Islam adalah salah satu dari penipuan sampai mereka membawa sukacita bagi hidup saya hanya beberapa hari kembali. Aku mencoba dan melihat sendiri, setelah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, saya terkejut bahwa mereka benar-benar ditransfer pinjaman saya $ 80.000 amerika serikat dolar ke rekening bank saya. Persyaratan yang sangat sederhana. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya. Tidak ada biaya tersembunyi. Semua yang saya lakukan adalah untuk mendapatkan asuransi PPI untuk mengamankan pinjaman. Saya sangat senang sekarang karena Tuhan telah menggunakan organisasi ini untuk memberkati saya tahun ini. Dear teman jika Anda ingin tahun ini menjadi tahun Anda kebebasan finansial dan bahagia seperti saya, cepat dan menghubungi mereka sekarang. Email mereka melalui (frb228815@gmail.com) Saya harap informasi penting ini akan mengubah hidup Anda tahun ini. Saya berharap Anda semua yang terbaik.......

    BalasHapus
  4. good job well done

    https://goo.gl/gDJfi1 || https://goo.gl/hdhGyq

    BalasHapus
  5. terimakasih informasinya sangat bagus dan bermanfaat



    Obat Herbal Asma

    BalasHapus
  6. mantap, lagi ketagihan sama jogging nih

    BalasHapus


  7. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus